PEMBANGUNAN KAPASITAS

Basic Income Lab mengadakan pelatihan, lokakarya, dan diskusi tentang Basic Income di Indonesia. Kegiatan-kegiatan capacity building ini dimaksudkan untuk membangun kapasitas pemerintah, swasta, masyarakat sipil (seperti serikat buruh atau masyarakat adat), para pemangku kepentingan yang terkait dengan pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian Basic Income.

Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan-kegiatan ini adalah extended peer community di mana nara-sumber untuk pengembangan kapasitas datang dari para pemangku kepentingan, selain dari peneliti di Basic Income Lab. Pendekatan serupa juga digunakan dalam produksi pengetahuan tentang Basic Income yang menjadi referensi dalam kegiatan pembangunan kapasitas.

Hari Pertama | 19 Februari 2021

Kegiatan Basic Income Bootcamp hari pertama dilaksanakan di Gedung Multidisiplin, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Prof. Budi Haryanto selaku Ketua Research Center for Climate Change Universitas Indonesia (RCCC UI) yang dilanjutkan oleh Georg Buchholz selaku Program Director Forest and Climate Change Programme (FORCLIME) Indonesia. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Sonny Mumbunan (Founder Basic Income Lab) yang membahas terkait The Basics of Basic Income. Materi kedua terkait dengan Konteks Basic Income di Indonesia, yang terdiri dari konteks sosial, ekonomi, teknologi, dan biofisik. Hari pertama ditutup dengan penampilan musik dari Sasina, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia.

Hari Kedua | 20 Februari 2021

Pada hari kedua, dilaksanakan diskusi panel bertemakan ‘Imagining the (Im)possible – Sebuah Perbincangan tentang Basic Income di Indonesia’ sebagai rangkaian dari Basic Income Bootcamp 2020 di Aula Terapung Universitas Indonesia, Depok. Program ini diikuti oleh peserta terpilih yang merupakan milenial dari seluruh Indonesia. Diskusi tersebut dipimpin oleh Sonny Mumbunan dan dihadiri oleh Philippe van Parijs (Universitas Louvain Belgia), Budiman Sudjatmiko (Ketua Umum Innovator 4.0), Suraya Afiff (Peneliti Departemen Antropologi Universitas Indonesia), Sugeng Bahagijo (Direktur INFID).

Hari Ketiga | 21 Februari 2021

Materi yang disampaikan pada hari terakhir yaitu mencoba menjajaki kemungkinan Basic Income di Indonesia. Pembicara pertama yaitu Gabriel Asem (Bupati Tambraw, Provinsi Papua Barat) yang menyampaikan terkait Kondisi, Tantangan, dan Aspirasi Kabupaten Konservasi. Pembicara selanjutnya yaitu Gusti Ayu Ketut Surtiari (Peneliti LIPI) yang membahas tentang Dinamika Penduduk di Kabupaten Konservasi. Kegiatan dilanjutkan dengan deliberasi antar peserta tentang konteks dan sains, serta memberikan berbagai opsi-opsi implementasi Basic Income di Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan presentasi dari masing-masing kelompok peserta Basic Income Bootcamp untuk menyampaikan aspirasinya terhadap Basic Income for Nature and Climate.

 

PUBLIKASI ACARA

DOKUMENTASI VIDEO